Cara Mematikan Komputer dan Laptop Secara Otomatis

Curhat : “Aduuh!!!  Si Lala itu lho Om, kalo main komputer suka lupa matiin, sampe pagi hari komputernya masih nyala, ehhh, Lalanya malah asyik tidur. Gimana ya om, caranya supaya komputernya bisa mati sendiri, kasih solusinya dong Om!!!”

Tanggapan : “Hmmm, gimana ya caranya, cara mematikan komputer secara otomatis?”

Curhat-er : “Iya iya, iya itu maksudnya om, caranya supaya komputer mati secara otomatis. Bisa nggak Om!”

Tanggapan-er :” oooo, kalo itu sih gampang, saya tahu caranya, cara mematikan komputer secara otomatis.”

Pada kesempatan ini saya akan menulis artikel bagaimana cara mematikan komputer secara otomatis. Tentunya banyak manfaat yang dapat kita ambil pelajaran dari artikel ini. Mungkin kita pernah ketiduran saat menonton televisi, lupa mematikan AC saat kita bepergian, lupa mematikan komputer karena kecapekan, dan lupa-lupa lainnya. Kan malu kalo lagi tidur kita ditonton sama komputer, iya kalau nggak ngiler, kalau lagi ngiler? hehehe

Tentunya hal tersebut merugikan kita, sudah boros listrik dengan biaya yang mahal, perangkat elektronik kita juga lebih cepat rusak karena pemakaian dan panas yang berlebih. Padahal, hampir setiap perangkat elektronik kita dapat di atur dengan jadwal, kapan aktif dan non aktif.

Baik, langsung saja, berikut adalah perintah untuk mematikan komputer secara otomaris dalam waktu 4 menit, perintahnya adalah :

shutdown /s /f /t 240

Keterangan perintah :

Shutdown /s      : perintah untuk mematikan komputer

/f                            : atau force close, yaitu perintah untuk mematikan komputer secara paksa

/t 240                    : atau timer 240 detik, yaitu pengaturan waktu kapan komputer secara otomatis akan mati, satuan yang digunakan adalah detik.

Dengan perintah tersebut, maka dalam rentang waktu 240 detik (4 menit) maka komputer akan mati secara otomatis. Jika menginginkan 1 jam lagi komputer kita mati secara otomatis, maka angka 240 diganti menjadi 3600 (3600 di dapat dari perkalian 60 menit x 60 detik =  3600 detik).

Peringatan Keras :

Jika perintah tersebut Anda jalankan, maka secara otomatis program komputer yang sedang Anda jalankan akan ditutup secara paksa. Tapi jangan kuatir, 2 atau 4 menit menjelang komputer mati, biasanya komputer akan memberi tahu, komputer akan mati secara otomatis.

Kalau Anda ingin membatalkan perintah ini, Anda cukup mengganti perintahnya dengan perintah : shutdown /a

Cukup mudah bukan?

Mudah sih mudah Om, tapi gimana caranya:

O iya, berikut adalah cara menjalankan perintah mematikan komputer secara otomatis dalam waktu 4 menit :

  1. Klik tombol Start
  2. Pada kotak kosong (kotak pencarian file dan program) di bawah menu All Programs, ketikkan perintahnya : shutdown /s /f /t 240
  3. Jika Anda berhasil, maka akan muncul kotak komentar pemberitahuan : Windows will shut down in 4 minutes
  4. Klik Close untuk menutup kotak dialog

Baik teman-teman, itu tadi adalah sedikit ceritaku untuk Anda yang ingin tahu caranya mematikan komputer secara otomatis. Semoga artikel Cara Mematikan Komputer Secara Otomatis ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *