Pembinaan dan Pelatihan Proktor & Teknisi UNBK SMP Hang Tuah 3 Tahun Pelajaran 2018/2019


Dalam rangka persiapan Simulasi I UNBK Tingkat SMP Tahun Pelajaran 2018/2019, Kepala Suku Dinas Pendidikan Wilayah II Kita Administrasi Jakarta Utara mengadakan Pembinaan dan Pelatihan Persiapan Simulasi I UNBK Wilayah Kecanatan Koja dan Kelapa Gading di SMP Negeri 30 Jakarta Utara pada hari Kamis tanggal 06 Desember 2018 mulai pukul 09.0p s.d 14.00 WIBB.

Kepala Sekolah SMP Hang Tuah 3 sesuai undangan menugaskan Proktor dan Teknisi UNBK SMP Hang Tuah 3 untuk mengikuti kegiatan pembinaan dan pelatihan ini, yakni bapak Rizki Ramadian, S.Pd selaku Proktor dan bapak Misran, S.Pd selaku Teknisi. Sedangkan yang menjadi narasumber utama pelatihan ini adalah bapak Nopis Wandi dan bapak Hanan.

Kegiatan ini dibuka oleh bapak Dazril selaku tuan ruman dan Kepala Sekolah SMP Negeri 30 Jakarta Utara pada pukul 09.30 WIBB. Dalam sambutannya beliau menyampaikan ucapan terima kasih atas ketulusan Proktor dan Teknisi dalam pelaksanaan UNBK yang lalu dan yang akan datang. Selain itu ia juga berpesan agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya dengan harapan agar tidak ada kendala pada pelaksanaan Simulasi maupun UNBK utama nantinya.

Sementara itu pak Hanan dan pak Nopis Wandi lebih menekankan materi teknis pelaksanaan Simulasi dan UNBK Tingkat SMP Tahun Pelajaran 2018/2019 ini, diantaranya adalah masalah pendataan, File VHD, Instalasi Aplikasi dan Jaringan Server/Client, Sinkronisasi Server UNBK, Transfers Respon dan masalah-masalah lainnya yang berkaitan dengan pelaksanaan UNBK tahun lalu.

File VHD Simulai UNBK yang sudah diterima oleh Proktor atau Teknisi melalui koordinator Kecamatan masing-masing, secara jelas disampaikan agar tidak diunggah ke internet, misalnya google drive, dan tidak boleh membagikan linknya kepada masyarakat umum, cukup disimpan di komputer atau harddisk masing-masing. Hal ini untuk menghindari terjadinya peretasan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Setelah File VHD Simulasi UNBK diterima agar Proktor/Teknisi UNBK segera melakukan pemasangan aplikasi ke Server UNBK Utama dan Server UNBK Cadangan sesuai dengan Buku Manual Ujian Berbasis Komputer Tahun 2019, menghapus aplikasi yang lama dan memasang aplikasi terbaru.

Setelah aplikasi Simulasi UNBK terpasang pada komputer server, pastikan tidak ada kendala dengan mencoba mengoperasikannya. Jika pemasangan aplikasi dan pilihan setting pada komputer server benar maka mesin VM dapat dijalankan dengan normal. Tapi jika pemasangan dan pilihan setting pada komputer server salah maka mesin VM tidak dapat beroperasi dengan normal, mungkin hanya sampai checking … .