Pembinaan Personel Guru Karyawan SMP Hang Tuah 3 Oleh Pengawas Paket Sekolah


Dalam rangka Pembinaan Personel Guru dan Karyawan SMP Hang Tuah 3, Ibu Hj. Suginah, M.Si selaku Pengawas Paket SMP Hang Tuah 3 dalam kunjungan kerjanya hari ini, Rabu tanggal 31 Oktober 2018 memberikan materi persiapan dan instrumen Akreditasi Sekolah yang akan dilaksanakan SMP Hang Tuah 3 pada tahun pelajaran 2019/2020.

Ibu Hj. Suginah, M.Si memberikan gambaran singkat mengenai pelaksanaan Akreditasi Sekolah, berikut penilaian akreditasi yang terdiri dari 8 Standar Pendidikan sebanyak 124 instrumen yang akan dinilai. Untuk mendapat nilai A, maka jumlah minimal angka yang harus dicapai adalah 91.

Untuk tertib dan lancarnya kegiatan akreditasi sekolah, maka sekolah diminta agar membuat surat tugas kepanitiaan akreditasi dengan rincian tugas dan tanggung jawabnya, sehingga masing-masing personel dapat bekerjasama dengan baik.

Persiapan itu harus dimulai dari sekarang, baik oleh kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, karyawan maupun siswa. Sesuai tugas pokok dan fungsi, misalnya guru harus membuat perangkat pembelajaran, membuat rencana pembelajaran, membuat program semester maupun tahunan, mengevaluasi, memberikan nilai dan lainnya.

Untuk meningkatkan nilai, kompetensi dan mutu pendidikan di sekolah, harus ada komitmen bersama antara guru, siswa dan orang tua yang diwadahi oleh sekolah. Dibuat target nilai yang ingin dicapai oleh guru, siswa dan orang tua. Sekolah atau guru memberikan penghargaan bagi siswa yang berprestasi, dan tetap memberikan perhatian untuk siswa yang kurang berprestasi agar lebih semangat dan lebih giat dalam belajar.