Pembinaan Personil Guru/Karyawan Dalam Rangka Sukses Ujian Nasional dan Sukses Akreditasi Sekolah


Dalam rangka Sukses Ujian Nasional Tahun 2018/2019 dan Sukses Akreditasi Sekolah Tahun 2019/2020, Kepala SMP Hang Tuah 3 menyelenggarakan Pembinaan Personil Guru/Karyawan SMP Hang Tuah 3 dengan narasumber utama Ibu Dra. Hj. Suginah M.Si selaku Pengawas Sekolah SMP Hang Tuah 3, pada hari Jum’at tanggal 15 Februari 2019.

Beliau berpesan kepada bapak dan ibu guru serta karyawan SMP Hang Tuah 3 agar memberikan pelayanan yang baik kepada siswa dan orang tua, sehingga anak-anak merasa diperhatikan dan menjadi semangat belajar untuk meraih prestasi, menjadi kebanggaan orang tua di rumah dan menjadi kebahagiaan guru di sekolah.

Bapak dan ibu guru harus menjadi pribadi yang professional dengan mengetahui dan memahami apa yang diajarkan kepada siswa. Dengan pengetahuan dan pemahaman yang baik tentu akan mudah dalam mengajar siswa, sehingga tumbuh kepercayaan siswa terhadap guru dan guru menjadi lebih berwibawa.

Seorang guru juga harus memberikan contoh, suri tauladan yang baik. Satu perbuatan akan lebih bermakna daripada seribu kata. Percuma saja guru menyuruh siswanya untuk disiplin datang jika gurunya sendiri tidak tertib datang, apalagi kalau gurunya sendiri sering tidak datang.

Bapak dan ibu juga harus mau dan terus belajar untuk meningkatkan kemampuan, baik dengan cara membaca buku, mengikuti kegiatan seminar atau dengan MGMP misalnya. Dengan kita banyak membaca buku, akan semakin membuka cakrawala berpikir kita. Dengan mengikuti seminar akan meningkatkan kapasitas kita, dengan mengikuti kegiatan MGMP akan membantu memecahkan masalah pembelajaran di kelas dengan bertukar pengalaman.

Jika ada siswa yang bermasalah dan sering bermasalah, jangan hanya menyalahkan siswanya saja. Tetapi seorang guru juga harus mengetahui bagaimana profil siswanya. Bagaimana kondisi keluarga, kondisi ekonomi, dan kondisi sosial misalnya. Dengan kita mengenal kondisi atau profil siswa lebih besar kemungkinannya kita dapat membantu memperbaiki permasalahan siswa.

Bersambung … .