Studi Wisata Siswa SMP Hang Tuah 3 Tahun Pelajaran 2017/2018

smphangtuah3.info – Jakarta, SMP Hang Tuah 3 Jakarta Utara kembali melaksanakan kegiatan Studi Wisata bagi siswa Kelas 7 dan 8 Tahun Pelajaran 2017/2018 pada hari Rabu, tanggal 24 Januari 2018 di Museum Satria Mandala, Museum Olahraga Nasional dan Snowbay Taman Mini Indonesia Indah, dengan jumlah peserta 185 siswa dan 20 orang guru/pendamping.

Studi Wisata merupakan kegiatan pembelajaran yang sangat efektif bagi siswa yang dilaksanakan di luar sekolah, karena bersentuhan langsung dengan destinasi wisata sebagai obyek pembelajaran yang disertai dengan perjalanan yang menyenangkan yang mewarnai setiap detail perjalanan.

Studi Wisata ini memberikan manfaat yang besar bagi perkembangan dan karakter peserta didik, diantaranya adalah memberikan informasi yang jelas bersumber dari data sejarah yang ada, dapat mengembangkan keingintahuan peserta didik, mempertajam kesadaran siswa terhadap lingkungan, mempererat keakraban sesama siswa juga siswa dengan guru, dan mampu memberikan suasana kegiatan pembelajaran yang menyenangkan.

Dengan menggunakan empat buah Bus Pariwisata Pahala Kencana dengan kapasitas tempat duduk 60 buah. Sekitar pukul 07.45 WIBB  bus berangkat dari sekolah menuju lokasi wisata pertama di Museum Satria Mandala di Jalan Gatot Subroto No. 14 Jakarta Selatan dan tiba sekitar pukul 08.30 WIBB.

Kemudian setelah rombongan tiba di Museum Satria Mandala, para peserta dibagi menjadi beberapa kelompok untuk memudahkan Pemandu Museum mengenalkan maksud dan tujuan serta koleksi yang ada di Museum Satria Mandala ini. Museum Satria Mandala adalah Museum Sejarah Perjuangan Tentara Nasional Indonesia yang diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia kedua, yaitu Bapak H.M. Soeharto pada tahun 1972.

Sekitar pukul 10.30 WIBB rombongan melanjutkan perjalanan menuju Museum Olahraga Nasional yang berada di Taman Mini Indonesia Indah Jakarta Timur dan tiba sekitar pukul 11.00 WIBB. Seperti halnya di Museum Satria Mandala, peserta juga dibagi menjadi beberapa kelompok untuk memudahkan Pemandu Museum Olahraga Nasional mengenalkan maksud dan tujuan serta koleksi yang ada di Museum ini.

Museum Olahraga Nasional ini juga diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia kedua, yaitu Bapak H.H. Soeharto pada tanggal 20 April 1989 bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Taman Mini Indonesia Indah yang ke-14. Bangunan Museum ini terbilang unik, karena berbentuk bola dan menghadap kearah Teater Keong Emas TMII.

Setelah selesai belajar sejarah dari fakta dan data yang tersedia di Museum, saatnya melepas lelah dengan menikmati Wisata Air di Snowbay Taman Mini Indonesia Indah. Rombongan pun akhirnya melanjutkan perjalanan ke Snowbay TMII yang berjarak sekitar 10 menit jalan kaki dari Museum Olahraga Nasional. Tetapi karena siang hari terasa panas terik matahari, akhirnya rombongan kembali menggunakan Bus Wisata menuju lokasi. Saatnya bersenang-senang … .

Galeri Foto Studi Wisata Siswa SMP Hang Tuah 3 Tahun Pelajaran 2017/2018 :

 

Tinggalkan Balasan