Tips Tetap Bugar Saat Berpuasa

Tips Tetap Bugar Saat Berpuasa, Alhamdulillah, hari ini adalah hari ketiga belas berpuasa Ramadhan 1439 Hijriah. Semoga kita selalu diberikan nikmat panjang umur, keberkahan dalam rizki, sehat jasmani dan rohani, sehingga kita dapat menunaikan ibadah puasa ramadhan dan ibadah-ibadah lainnya dengan semangat dan penuh harap, semoga Allah terima amal ibadah kita semuanya, aamiin ya rabbal’alamiin.

Selama menunaikan ibadah puasa di bulan ramadhan, teramat penting untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap bugar selama kurang lebih 12 jam saat tubuh kekurangan asupan minuman dan makanan. Berikut ini adalah beberapa Tips Tetap Bugar Saat Berpuasa.

Tips pertama adalah saat makan sahur, makanlah makanan yang kaya protein dan berserat seperti sayur-sayuran, buah-buahan, biji-bijian, telur, kacang-kacangan juga keju. Tips kedua adalah, hindari makan berlebih saat berbuka puasa, karena makan sampai kenyang sesaat setelah berbuka puasa akan membuat perut terasa begah, membuat kita jadi malas bergerak, malas untuk shalat Maghrib, Isya bahkan Tarawih.

Tips ketiga adalah perbanyak minum air putih, minum air putih tetap sesuai anjuran minimal delapan gelas air putih sehari. Minum air putih delapan gelas sehari untuk menjaga cairan dalam tubuh, sehingga tidak dehidrasi. Kita bisa minum air putih dua gelas saat berbuka puasa, dua gelas saat makan malam, dua gelas sebelum tidur dan dua gelas pada saat sahur.

Tips keempat adalah melakukan olahraga ringan agar tubuh tetap bugar saat berpuasa. Kita bisa melakukan olahraga ringan di sore hari atau di waktu setelah shalat shubuh. Karena biasanya setelah shalat shubuh, godaan bantal dan selimut terasa berat untuk kita hindari kalau kita nggak keluar rumah.

Be the first to comment

Leave a Reply